Travel Alhijaz Indowisata | Biaya Paket Umroh Murah Promo Bulan Desember 2016 di jakarta

Rukun Wajib Miqat Umroh dan Haji « Alhijaz Tour And Travel Bogor Rukun Wajib Miqat Umroh dan Haji | Alhijaz Tour And Travel Bogor

Rukun Wajib Miqat Umroh dan Haji

blogger templates
Petunjuk miqat umroh haji


Rukun Wajib Miqat Umroh dan Haji


Dena Tour - Pengertian Miqat adalah batas-batas yang telah ditetapkan untuk memulai ibadah haji atau umrah. Miqat yang dikaitkan dengan waktu disebut dengan miqat zamani. Sedangkan, yang dihubungkan dengan tempat disebut miqat makani. Miqat zamani bagi yang beribadah haji, yakni mulai bulan Syawal hingga tanggal 10 Dzulhijjah ini yang dalam Alquran disebut “Al hajju asyhurum ma’luumaatun” (Mengerjakan haji itu pada bulan-bulan yang ditentukan). (QS al-Baqarah 197)

Adapun miqat makani sesuai dengan yang disabdakan Nabi yang diriwayatkan Ibnu Abbas RA, yaitu Dzul Hulaifah (Bir Ali) bagi penduduk atau yang datang dari Madinah, Juhfah bagi penduduk dan yang datang dari arah Syam (Suriah), Qarn Manazil bagi penduduk dan yang datang dari arah Nejed, Yalamlam bagi penduduk atau yang datang dari arah Yaman. Sedangkan bagi penduduk atau yang berada di Makkah, miqat hajinya dari Makkah.

Demikian yang ditetapkan oleh Rasululah SAW. Untuk bagian penduduk Irak, dapat di Dzatu Irq. Jamaah Indonesia yang terlebih dahulu ke Madinah, akan bermiqat di Dzul Hulaifah (Bir Ali), sedangkan yang ke Makkah berdasarkan aspek ijtihadiyah ada yang memulai ihram (miqat) di pesawat saat melewati Yalamlam, ada juga yang setibanya di bandara Jeddah. Mengingat sifat hukum ijtihadiyah maka tidak perlu yang satu menyalahkan yang lain atas dasar keyakinan masing-masing.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat miqat

Adapun yang dilakukan jamaah di miqat, yakni mandi. Kita dibolehkan mandi di penginapan sebelum berangkat ke Bir Ali atau yang hendak berihram di pesawat bisa mandi di embarkasi. Zaid bin Tsabit berkata, “Saya melihat Nabi SAW melepaskan pakaiannya dan mandi untuk ihlal.” (HR Turmudzi).

Kemudian, memeriksa pakaian ihram apakah sudah sesuai dengan ketentuan berpakaian ihram yang disyariatkan. Kedua, melakukan shalat sunah dua rakaat di masjid miqat. “Nabi SAW melakukan shalat dua rakaat di Dzulhulaifah tempat Nabi memulai ihramnya.” (HR Muslim).

Ketiga, berniat setelah kita berada dalam bus. Yang tamattu niatnya “labbaika allahumma ‘umrotan”. Bila ifrad, niatnya “labbaika allahumma hajjan” dan bagi yang mengambil qiran maka ihlalnya “labbaika allahumma umrotan wa hajjan”. Rasulullah SAW berniat saat beliau telah berada di atas unta. “Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW shalat di Dzulhulaifah dua rakaat sehingga apabila telah mantap berdiri, unta yang ditungganginya di dekat Masjid Dzulhulaifah beliau berihlal.” (HR Muslim).

Apabila ternyata jamaah lupa tidak berniat di miqat maka jika memungkinkan kembali, tentu itu sangat baik. Akan tetapi, jika tidak mungkin karena kendaraan sudah berjalan jauh misalnya, maka ketika sadar akan hal itu, jamaah  tersebut hendaknya segera melafazkan niat di tempat ia sadar. Hal ini untuk memenuhi rukun umrah atau haji sehingga hajinya menjadi sah.

Akan tetapi, karena jamaah berniat tidak di tempat miqat yang ditentukan, hal itu termasuk pelanggaran.  Untuk ini, jamaah tersebut terkena dam dan harus menyembelih seekor kambing. Jelasnya, melafazkan niat ihlal itu hukumnya “rukun” yang harus dilaksanakan dan jika tidak dilakukan maka umrah/hajinya menjadi tidak sah. Sedangkan, melafazkan niat di miqat itu hukumnya “wajib” yang berakibat dam jika tidak dilakukan.

Sebaiknya, sesama jamaah harus saling mengingatkan tentang berniat di miqat ini. Pembimbing umroh/haji di bus yang mengangkut jamaah akan mengingatkan dan memandu niat itu setelah seluruh jamaah berada di atas bus sebelum melanjutkan perjalanan dari Bir Ali menuju Makkah Mukarramah.

dikutip dari ROL Ustaz HM Rizal Fadillah

0 Response to "Rukun Wajib Miqat Umroh dan Haji"

Posting Komentar

Kantor Dan Alamat Kami

Harga Paket Travel Umroh MURAH PROMO 2016 Terpercaya di Jakarta | Umrah Desember Akhir tahun Paket Umroh Desember 2016 | Info Harga Umroh Murah Promo 2016 | Biro Travel Umroh Murah Jakarta Paket Umroh Murah Promo 2016 | Harga Umroh Promo Murah 2016 | Info Jadwal Keberangkatan Biro Travel Umroh Murah Promo Jakarta pesawat saudia langsung madinah, Kami siap melayani travel paket umroh untuk daerah #jabodetabek #jakarta #timur #barat #selatan #utara #pusat #bogor #bekasi #bekasi #ciketing #bekasi selatan #bekasi utara #bekasi timur #bekasi barat #cikarang #karawang #bandung #Purwakarta #cikampek #tangerang #banten #pandeglang #serang #garut #tasik #pangandaran #cirebon #indramayu #Jogjakarta #pekalongan #tegal #madiun #surabaya #malang #blitar