Travel Alhijaz Indowisata | Biaya Paket Umroh Murah Promo Bulan Desember 2016 di jakarta

Tips Mempersiapkan Mental dan Fisik Perjalanan Haji Umroh « Alhijaz Tour And Travel Bogor Tips Mempersiapkan Mental dan Fisik Perjalanan Haji Umroh | Alhijaz Tour And Travel Bogor

Tips Mempersiapkan Mental dan Fisik Perjalanan Haji Umroh

blogger templates

Tips Mempersiapkan Mental dan Fisik Perjalanan Haji Umroh


persiapan haji umroh


azzam tour - Haji merupakan rukun Islam kelima yang dilakukan selama sebulan penuh di tanah suci. Oleh karena membutuhkan waktu yang relatif lama dan waktu yang sudah ditentukan, kita tentu harus benar-benar mempersiapkan diri, baik lahir dan batin. Perjalanan yang cukup lama dan jauh ini memerlukan persiapan yang cukup matang. Beberapa persiapan yang harus diketahui serta dipahami jamaah calon haji di antaranya mencakup persiapan fisik, mental, spiritual, material, dan pengetahuan seputar ibadah haji. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan perjalanan umroh.

Persiapan administratif

Saat memutuskan untuk melakukan perjalanan ibadah haji ke tanah suci, calon jamaah haji harus mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah, baik ketika masih di tanah air maupun ketika sudah berada di tanah suci. Pelaksanaan ibadah haji atau umrah di tanah air diselenggarakan oleh Departemen Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji.

Syarat-syarat administratif seperti pengisian formulir pendaftaran, tabungan haji, pengelompokan/kloter, pembayaran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji), dan prosedur lainnya, bisa ditanyakan pada Departemen Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. Jika menggunakan fasilitas haji plus, syarat administratif bisa ditanyakan langsung pada Penyelenggaraan Haji (travel) yang bekerjasama dengan pihak kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota yang mengurus daerah domisili jamaah haji/umrah.

Persiapan manasik

Sudah selayaknya bagi jamaah haji mempersiapkan diri dengan seperangkat pengetahuan seputar tata cara dan tuntunan ibadah haji dengan cara belajar, baik secara mandiri maupun dengan bimbingan seorang ustadz atau pembimbing haji yang sudah berpengalaman. Hal ini merupakan bekal berharga agar pengetahuan jamaah tidak kosong atau kurang informasi saat berada di tanah suci. Jamaah juga harus mengetahui mawaqit (miqat) dan tempat-tempat khusus yang perlu diketahui ketika berada di tanah suci selama pelaksanaan ibadah haji.

Mempelajari tuntunan ibadah (manasik) haji/umrah, termasuk ihram, thawaf, sai, serta menghafal beberapa dzikir dan doa utama yang diajarkan Rasulullah Saw. Perlunya mempelajari doa utama yang diajarkan Rasulullah saw yaitu agar lebih memantapkan hati dan pikiran untuk berdzikir dan bertafakur pada kebesaran Allah Swt. dan keluhuran Rasulullah Saw.

Mempersiapkan Mental Untuk Berhaji dan Umroh


Persiapan mental
Hal-hal yang perlu kita siapkan sebelum berangkat haji atau umroh salah satunya adalah mental kita. Terutama menghilangkan perasaan dan pikiran negatif yang dapat mengganggu konsentrasi beribadah. Persiapan mental yang dimaksud di sini mencakup hal-hal yang terkait dengan kebersihan hati serta harta yang kita gunakan unuk berhaji.

Kita juga harus ikhlas meninggalkan apa yang kita punya sekarang baik harta, anak maupun istri atau suami. Yakin bahwa Allah akan menjaga keluarga kita selama perjalanan haji atau umroh yang sedang kita laksanakan dan yakin akan kemudahan serta pertolongan Allah SWT pada saat kita menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Meluruskan Niat Lillahi Ta'ala
Dalam setiap ibadah, hendaknya niat beribadah dilakukan semata-mata tulus dan ikhlas untuk Allah swt. Dengan meluruskan niat, kita berharap bisa memberishkan diri dari sikap riya, ujub, dan sombong. Maka ketika berniat hendak melakukan umroh atau haji, berniatlah semata-mata hanya karena mengharap ridho dari Allah SWT, bukan berharap pujian dari sesama manusia. Segala sesuatu perbuatan diawali dari niat, karena dengan niat yang baik, insya allah semua perbuatan akan berbuah baik. Bukan pula berharap agar diberikan rejeki dan penghidupan yang lebih baik setelah berumroh karena hal tersebut hanya Allah yang Maha Mengetahui dan berhak memberikan.

Membersihkan diri dengn Bertaubat Kepada Allah SWT
Sucikan diri dengan bertaubat kepada Allah SWT, membersihkan diri yang dimaksud adalah mempersiapkan jiwa dan hati yang bersih, membuang segala bentuk sifat-sifat buruk seperti iri, dengki, sombong, congkak, dendam, dan lainnya. Jaga lisan dan perbuatan sebelum berangkat ke tanah suci, perbanyak amal perbuatan yang baik agar kita senantiasa mendapat kemudahan pada saat menjalankan ibadah nanti.

Sebab seringkali beberapa calon jamaah haji atau umroh masih saja melakukan perbuatan yang tidak baik, perkataan yang menyakitkan dan tidak menambah frekuensi ibadah kepada Allah SWT bahkan setelah kembali dari Tanah Suci. Seorang jama'ah juga harus memperbanyak istighfar, memohon ampunan atas segala dosa kepada Allah Swt. Meminta maaf dan memberi maaf kepada orang lain jika ada kesalahan dan dosa yang pernah diperbuat.

Ibadah haji atau umroh adalah sebuah perjalanan ibadah bukan semata-mata perjalanan wisata. Karena itu hendaknya kita benar-benar memahami dan menjalankan seluruh tahapan ibadah dengan sabar dan ikhlas.

Sabar dan tawakkal
Sikap sabar dan tawakkal perlu dipersiapkan sebelum kita berangkat haji. Bayangkan, saat di tanah suci, kita berada di daerah yang jauh dari tanah air dan bertemu dengan beragam tingkah laku manusia dengan kultur yang berbeda. Bila ada kejadian seperti tersesat atau tertimpa musibah maka tidak banyak yang bisa dilakukan selain bersabar dan bertawakal kepada Allah swt.

Spiritual
Secara spiritual, persiapan yang harus kita lakukan adalah membaca dan menghafalkan manasik haji, doa-doa serta zikir.
Apabila menghafal doa manasik tidak memungkinkan bagi anda ketika anda berthawaf mengelilingi Ka’bah dan membawa buku panduan doa karena arus manusia berdesakan di sekeliling Ka’bah, maka berdoalah semampu anda dan yakin bahwa doa anda akan dikabulkan.
Cara termudah adalah dengan selalu ikuti arahan pembimbing thawaf (muthawwif) yang telah berpengalaman dalam membimbing jamaah.


Mempersiapkan Fisik

Hampir 70% porsi ibadah sangat mengandalkan ketahanan fisik terutama karena suhu udara yang panas dan terik serta banyak mengandalkan jalan kaki seperti saat wukuf, thawaf dan sa’i.

Persiapan fisik dan kesehatan meliputi kegiatan general check-up, konsultasi kesehatan, dan latihan fisik. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan terkait persiapan fisik dan kesehatan.

  1. Periksa kehamilan
  2. Identifikasi penyakit yang mungkin ada dan penanggulangnya.
  3. Meminta rekomendasi dokter untuk obat yang bisa dan tidak bisa dikonsumsi selama ibadah haji.
  4. Meminta nasehat dokter tentang apa yang boleh dan tidak boleh kita lakukan terkait penyakit tertentu yang kita miliki.
  5. Bagi penderita jantung, asma, diabetes, atau penyakit risiko tinggi harap meminta perhatian khusus dengan melaporkannya kepada petugas berwenang.
  6. Senam aerobik secara teratur.
  7. Berjalan kaki untuk membiasakan diri berjalan jauh di bawah terik matahari, selain itu pada umumnya,karena jarak antara tempat pemondokan dan masjid di Mekkah ada yang cukup jauh.


Beberapa hal yang juga perlu dipersiapkan Beribadah Haji Umroh

suntik maningitis
Vaksinasi Meningitis dan Influenza
Sebelum berangkat haji atau umroh, kita telah dibekali oleh vaksinasi meningitis untuk pencegahan penularan virus. Akan lebih baik bila anda menambahnya dengan vaksin influenza atau vaksin lainnya. Selain itu juga perlu mengatur pola makan dan istirahat. Jangan sampai karena asyik beribadah, hingga mengabaikan kesehatan. Perbanyak mengkonsumsi buah dan air zam-zam.

Persiapan Obat-obatan Ringan
Yang perlu diingat, kita juga disarankan untuk mempersiapkan bekal obat-obatan untuk gejala-gejala penyakit ringan bagi diri sendiri seperti Obat Diare, Minyak Angin atau Minyak Gosok, Obat Influenza dan lain-lain yang ditempatkan dalam satu kotak P3K yang praktis dan mudah dibawa.

Menunaikan Kewajiban di Tanah Air
Sebelum anda meninggalkan tanah air, pastikan bahwa keluarga yang anda tinggalkan di tanah air mendapatkan cukup nafkah selama anda pergi berumroh atau berhaji.

Membersihkan harta
Setiap muslim diwajibkan mencari harta yang halal dan baik dalam seluruh aktivitas ibadahnya, termasuk ibadah haji dan umrah. Allah berfirman, "Maka makanlah yang halal dan baik dari rezeki yang diberikan Allah pada kalian, dan bersyukurlah atas nikmat-Nya jika kalian menyembah hanya pada-Nya (Q.S. An-Nahl 16:114) Seorang jamaah harus menggunakan harta yang halal dan baik dalam melaksanakan ibadah haji atau umrah.

Mencukupkan harta
Mencukupkan harta yang dimaksud adalah jamaah harus meninggalkan harta yang cukup bagi keluarga yang ditinggalkan di tanah airnya. Seorang jamaah hendaknya tidak menunaikan ibadah haji dengan harta yang menjadi satu-satunya sumber kekayaan yang akan habis dengan pelaksanaan haji dan berakibat mudharat pada keluarga yang ditinggalkannya. Jadi, jamaah harus memiliki kelebihan harta yang bisa memberi jaminan bagi keluarga yang ditinggalkannya.

Melunasi hutang
Apabila anda masih memiliki hutang, tunjuklah orang yang dapat anda limpahi wewenang untuk melunasi hutang tersebut sehingga tidak menjadi beban berat bagi keluarga yang anda tinggalkan. Calon jamaah haji harus melunasi hutang-hutangnya sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji atau umrah. Seorang jamaah tidak boleh melaksanakan ibadah haji bila masih tersangkut hutang pada orang lain. Perlu diperhatikan bahwa masalah hutang yang tidak terbayar hingga jamaah meninggal dunia akan menimbulkan konsekuensi tertahannya ia di pintu surga, meskipun yang berhutang adalah seorang syahid yang wafat di medan jihad, sampai hutang-hutangnya terlunasi.

Meminta Restu Kepada Orang-orang Terdekat
Berdoalah dan meminta restu kepada orang-orang terdekat terutama orang tua dan tetangga, agar perjalanan ibadah anda lancar.

Demikianlah beberapa informasi tentang persiapan baik fisik, mental dan spiritual yang harus anda lakukanmenjelang pemberangkatan haji maupun umroh. Semoga dengan persiapan yang matang, ibadah haji umroh bisa kita jalankan dengan lancar dan menuntun kita meraih kemabruran dalam beribadah haji dan umroh.

1 Response to "Tips Mempersiapkan Mental dan Fisik Perjalanan Haji Umroh"

  1. Artikelnya sangat bermanfaat, kita jadi tau tips mempersiapkan mental dan fisik sebelum berangkat haji dan umrah.
    Agar lebih tau lagi mampir ke Hasanah Tour & Travel
    Semoga Berkah

    BalasHapus

Kantor Dan Alamat Kami

Harga Paket Travel Umroh MURAH PROMO 2016 Terpercaya di Jakarta | Umrah Desember Akhir tahun Paket Umroh Desember 2016 | Info Harga Umroh Murah Promo 2016 | Biro Travel Umroh Murah Jakarta Paket Umroh Murah Promo 2016 | Harga Umroh Promo Murah 2016 | Info Jadwal Keberangkatan Biro Travel Umroh Murah Promo Jakarta pesawat saudia langsung madinah, Kami siap melayani travel paket umroh untuk daerah #jabodetabek #jakarta #timur #barat #selatan #utara #pusat #bogor #bekasi #bekasi #ciketing #bekasi selatan #bekasi utara #bekasi timur #bekasi barat #cikarang #karawang #bandung #Purwakarta #cikampek #tangerang #banten #pandeglang #serang #garut #tasik #pangandaran #cirebon #indramayu #Jogjakarta #pekalongan #tegal #madiun #surabaya #malang #blitar